Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Wednesday, April 10, 2013

Mengenang Margaret Thatcher

Bangsa-bangsa di dunia terutama Inggris kehilangan seorang pemimpin, satu-satunya Perdana menteri perempuan pertama di Inggris, Margaret Thatcher di Inggris, meninggal dalam usia 87 tahun, setelah terkena serangan stroke.

Siapa yang tidang mengenal Margaret Thatcher, lahir dengan nama Margaret Roberts di Grantham, Lincolnshire, pada tanggal 13 Oktober 1925. Ayahnya bernama Alfred Roberts, yang berasal dari Northamptonshire, dan ibunya bernama Beatrice Ethel (née Stephenson) dari Lincolnshire.

Margaret Thatcher mengawali karier sebagai kimiawan riset  Sampai akhirnya terpilih menjadi Anggota Parlemen (MP) pada tahun 1959. Edward Richard George Heath, pemimpin Partai Konservatif menunjuknya sebagai Menteri Negara untuk Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan pada tahun 1970. Hingga sampailah Margaret Thatcher menjadi wanita pertama yang memimpin partai politik besar di Britania Raya. dan menjadi Perdana Menteri setelah memenangkan pemilu 1979.

Hingga kini Thatcher masih menjadi satu-satunya perdana menteri perempuan Inggris. Ia juga menjadi perdana menteri dengan jabatan terlama, yaitu 11 tahun. Yang paling diingat dari Thatcher adalah julukannya sebagai Iron Lady alias Wanita Besi. Julukan ini awalnya diberikan oleh wartawan militer asal Uni Soviet, Kapten Yuri Gavrilov, lantaran konsistensi Thatcher menentang Uni Soviet dan komunisme. Julukan ini pertama kali muncul di harian Red Star pada 1976.

Margaret Thatcher bersikap tegas karena dunia politik yang keras dan didominasi laki-laki. Suatu saat ia pernah berujar, “Dalam politik, jika kamu ingin sesuatu, tanyakan pada pria. Tapi jika kamu ingin sesuatu beres, tanya pada wanita,” katanya. Beberapa gelar yang diraih Margaret Thatcher selama hidupnya,
  • Miss Margaret Roberts (1925–1951)
  • Mrs Margaret Thatcher (1951–1959)
  • Mrs Margaret Thatcher, MP (1959–1970)
  • The Rt Hon. Margaret Thatcher, MP (1970–1983)
  • The Rt Hon. Margaret Thatcher, MP, FRS (1983–1990)
  • The Rt Hon. Lady Thatcher, OM, MP, FRS (1990–1992)
  • The Rt Hon. The Baroness Thatcher, OM, PC, FRS (1992–1995)
  • The Rt Hon. The Baroness Thatcher, LG, OM, PC, FRS (1995–2013)
Thatcher menderita kesehatan yang buruk selama beberapa tahun sebelum kematiannya, bahkan sempat dikabarkan menderita stroke hingga beberapa kali. pada tahun 2002. mulai Margaret Thatcher jarang terlihat sejak menjalani perawatan.  Ia hanya terlihat beberapa kali di hadapan publik dalam beberapa bulan terakhir ini, dan Thatcher meninggal di London, pada 8 April 2013 


  sumber : Dari berbagai sumber

No comments:

 

Image Widget

Free Dog Run Cursors at 
www.totallyfreecursors.com
 
Blogger Templates