Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Tuesday, May 17, 2011

Belajar Excel 2007,Form Kotak Dialog untuk Format Control

1. Menambahkan Kontrol
Setelah tab Developer ditampilkan, Anda dapat menambahkan kontrol
melalui tombol Insert yang terdapat dalam group Controls.
  1. Klik tombol Insert yang terdapat dalam tab Developer group Controls.Muncul tampilan seperti terlihat pada Gambar.
  2. Pilih salah satu kontrol yang akan ditambahkan, misalnya klik Combo Box (Form Control). Untuk menambahkan kontrol, klik mouse padabidang worksheet. Perhatikan Gambar.
  3. Jika Anda menambahkan kontrol Button, muncul kotak dialog Assign Macro. Kotak dialog tersebut digunakan untuk mengaitkan kontrol Button dengan Macro. Perhatikan Gambar
  4. Anda dapat menambahkan Macro pada Button dengan langkahlangkah
    sebagai berikut:
    • Ketikkan nama Macro pada kotak isian Macro name:
    • Untuk menambahkan Macro secara manual melalui Visual Basic Editor klik tombol New. Muncul jendela Visual Basic Editor. Ketikkan kode Macro yang Anda inginkan.
    • Untuk menambahkan Macro dengan cara merekam Macro klik tombol Record… Muncul kotak dialog Record Macro.
    • Ketikkan nama Macro pada kotak isian Macro name: Anda dapat membuat shorcut key untuk menjalankan Macro melalui pengaturan pada kotak isian Shorcut key: Pilih lokasi penyimpanan Macro pada kotak pilihan Store macro in: Ketikkan deskripsi tentang Macro pada kotak isian Description:
    • Setelah Anda menekan tombol OK maka setiap langkah yang terjadi akan terekam dan akan dibuat kode Macro-nya.
    • Apabila perekaman Macro dianggap selesai, klik tombol Stop Recording yang terdapat dalam tab Developer.
2. Mengubah Ukuran dan Posisi Kontrol
Saat pertama kali dibuat, ukuran dan posisi kontrol mungkin tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Untuk mengubah ukuran dan posisi kontrol lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Tekan dan tahan tombol Ctrl pada keyboard kemudian pilih kontrol yang akan diubah ukurannya. Arahkan pointer pada titik yang terdapat di bagian tengah garis kontrol. Klik dan tahan mouse pada titik tersebut. Setelah itu, tarik titik ke bagian dalam untuk memperkecil ukuran kontrol atau tarik ke bagian luar untuk memperbesar ukuran kontrol.
  2. Untuk mengubah posisi kontrol, klik dan tahan mouse pada bidang
    kontrol kemudian tarik pada posisi yang diinginkan. Agar posisi sejajar,tekan dan tahan tombol Shift pada saat memindahkan kontrol. Jika posisi sudah sesuai, lepaskan tombol mouse

3. Menyalin Kontrol
Untuk menambahkan banyak kontrol yang sama, Anda dapat melakukannya secara cepat dengan cara menyalin kontrol. Teknik menyalin kontrol dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan teknik copy paste dan teknik drag and drop.
  1. Untuk menyalin kontrol dengan teknik copy paste tekan dan tahan tombol Ctrl kemudian pilih kontrol yang akan disalin menggunakan mouse.
  2. Tekan kombinasi tombol CTrl+C atau klik tombol Copy yang terdapat
    dalam tab Home group Clipboard.
  3. Tempatkan pointer pada sel yang akan digunakan untuk menampung
    kontrol hasil salinan. Setelah itu, tekan kombinasi tombol CTrl+V atau klik tombol Paste yang terdapat dalam tab Home group Clipboard.
  4. Untuk menyalin kontrol dengan teknik drag and drop tekan dan tahan tombol Ctrl pada keyboard. Klik dan tahan tombol kiri mouse kemudian tarik mouse pada posisi yang diinginkan. Saat menyalin kontrol, pointer mouse akan menampilkan tanda plus (+). Jika posisi kontrol sudah sesuai, lepaskan tombol mouse dan tombol Ctrl secara
    bersamaan.

4. Mengubah Teks Kontro
l
Beberapa kontrol menyediakan teks agar lebih informatif. Secara default teks yang ditampilkan dalam kontrol menyesuaikan nama kontrol diikuti nomor urut pembuatan kontrol. Jika teks tersebut kurang informatif, Anda dapat mengubahnya sesuai kebutuhan.
  1. Klik kanan kontrol yang teksnya akan diubah kemudian pilih menu EditText.
  2. Ketikkan teks yang Anda inginkan. Jika sudah selesai, klik mouse di luar bidang kontrol.

5. Menghapus Kontrol

Kontrol yang sudah tidak digunakan sebaiknya Anda hapus agar tidak
membingungkan pengguna.
  1. Tekan dan tahan tombol Ctrl kemudian pilih kontrol yang akan dihapus menggunakan mouse. Untuk menghapus kontrol tekan tombol Delete pada keyboard.
  2. Anda juga dapat menghapus kontrol melalui menu klik kanan. Klik
    kanan kontrol yang akan dihapus kemudian pilih menu Cut

6. Kotak Dialog Format Control tab Font

Kotak dialog Format Control merupakan kotak dialog untuk melakukan pengaturan berbagai hal yang berkaitan dengan kontrol. Tab Font dalam kotak dialog Format Control digunakan untuk melakukan pengaturan font kontrol. Kotak dialog Format Control tab Font hanya ditampilkan untuk kontrol Button.
  1. Klik kanan Button kemudian pilih menu Format Control… Muncul kotak dialog Format Control.
  2. Pilih tab Font. Melalui tab Font, Anda dapat melakukan pengaturan
    jenis font, style font, ukuran font, garis bawah font, warna font atau efek font.

7. Kotak Dialog Format Control tab Alignment

Kotak dialog Format Control tab Alignment digunakan untuk melakukan pengaturan perataan font pada kontrol. Tab Alignment dalam kotak dialog Format Control hanya ditampilkan untuk kontrol Button.
  1. Klik kanan Button kemudian pilih menu Format Control… Muncul kotak dialog Format Control
  2. Pilih tab Alignment. Melalui tab Alignment, Anda dapat melakukan
    pengaturan perataan font secara vertikal, perataan font secara
    horisontal serta orientasi font pada kontrol.

8. Kotak Dialog Format Control tab Color and Lines

Kotak dialog Format Control tab Color and Lines digunakan untuk melakukan pengaturan warna pada bidang dan garis tepi bidang kontrol. Tab Color and Lines dalam kotak dialog Format Control hanya ditampilkan untuk kontrol Check Box dan Option Button.
  1. Klik kanan Check Box atau Option Button kemudian pilih menu Forma Control… Muncul kotak dialog Format Control.
  2. Pilih tab Color and Lines. Anda dapat melakukan pengaturan warna
    bidang kontrol melalui kotak pilihan Color: pada opsi Fill. Pengaturan warna garis tepi bidang kontrol dilakukan melalui kotak pilihan Color pada opsi Line.

9. Kotak Dialog Format Control tab Size

Kotak dialog Format Control tab Size digunakan untuk melakukan pengaturan ukuran kontrol. Tab Size dalam kotak dialog Format Control ditampilkan untuk seluruh kontrol.
  1. Klik kanan kontrol kemudian pilih menu Format Control… Muncul kotak dialog Format Control.
  2. Pilih tab Size. Pengaturan ukuran kontrol dilakukan dengan langkahlangkah berikut:
    • Ketikkan tinggi kontrol yang Anda inginkan pada kotak isian Height: dalam pilihan Size and rotate. Anda juga dapat menentukan tinggi kontrol berdasarkan persentase ukuran kontrol saat diubah melalui kotak isian Height: yang terdapat dalam pilihan Scale.
    • Untuk menentukan lebar kontrol, ketikkan lebar kontrol pada kotak isian Width: yang terdapat dalam pilihan Size and rotate. Anda juga dapat menentukan lebar kontrol berdasarkan persentase lebar kontrol saat diubah melalui kotak isian Width: dalam pilihan Scale.
    • Agar perubahan ukuran kontrol selalu proporsional, beri tanda contreng (v) pada pilihan Lock aspect ratio. Setelah Anda melakukan pengaturan tersebut, Anda selanjutnya hanya tinggal mengubah tinggi atau lebarnya saja. Jika Anda mengubah tinggi, lebarnya akan menyesuaikan dengan ukuran yang proporsional.


10. Kotak Dialog Format Control tab Protection

Kotak dialog Format Control tab Protection digunakan untuk melakukan pengaturan apakah kontrol dapat dimodifikasi atau tidak. Pengaturan hanya berlaku apabila worksheet dalam keadaan terproteksi. Tab Protection dalam kotak dialog Format Control ditampilkan untuk seluruh kontrol.
  1. Klik kanan kontrol kemudian pilih menu Format Control… Muncul kotak dialog Format Control.
  2. Pilih tab Protection. Pengaturan proteksi kontrol dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
    • Beri tanda contreng (v) pada pilihan Locked agar kontrol tidak dapat dimodifikasi pengguna saat worksheet dalam keadaan terproteksi.
    • Khusus untuk Form Control yang mempunyai teks, misalnya Check Box, Anda dapat memproteksi teks tersebut agar tidak dapat dimodifikasi. Beri tanda contreng (v) pada pilihan Lock text agar teks yang terdapat dalam kontrol tidak dapat dimodifikasi pengguna saat worksheet dalam keadaan terproteksi.


11. Kotak Dialog Format Control tab Properties

Kotak dialog Format Control tab Properties digunakan untuk melakukan pengaturan apakah kontrol akan ikut menyesuaikan jika ada perubahan range yang ditempati. Tab Properties dalam kotak dialog Format Control ditampilkan untuk seluruh kontrol.
  1. Klik kanan kontrol kemudian pilih menu Format Control… Muncul kotak dialog Format Control.
  2. Pilih tab Properties. Anda dapat memilih beberapa opsi yang disediakan sebagai berikut:
    • Opsi Move and size with cells digunakan untuk mengatur agar kontrol ikut berpindah dan berubah ukurannya menyesuiakan perubahan range yang ditempati.
    • Opsi Move but don’t size with cells digunakan untuk mengatur agar kontrol ikut berpindah menyesuiakan perubahan range yang ditempati, namun ukurannya tidak berubah.
    • Opsi Don’t move or size with cells digunakan untuk mengatur agar kontrol tidak ikut berpindah dan tidak berubah ukurannya ketika ada perubahan range yang ditempati.
    • Untuk mengatur agar kontrol tidak ikut tercetak, hilangkan tanda contreng (v) pada pilihan Print object.

12. Kotak Dialog Format Control tab Web

Kotak dialog Format Control tab Web digunakan untuk menambahkan teks alternatif pada web browser. Teks alternatif berfungsi untuk membantu mesin pencari menemukan kontrol yang disimpan secara online di internet. Tab Web dalam kotak dialog Format Control ditampilkan untuk seluruh kontrol.
  1. Klik kanan kontrol kemudian pilih menu Format Control… Muncul kotak dialog Format Control.
  2. Pilih tab Web. Ketikkan teks alternatif yang Anda inginkan pada kotakisian yang tersedia.


13. Kotak Dialog Format Control tab Margins

Kotak dialog Format Control tab Margins digunakan untuk melakukan pengaturan jarak teks dengan garis bidang kontrol. Tab Margins dalam kotak dialog Format Control hanya ditampilkan untuk kontrol Button.
  1. Klik kanan Button kemudian pilih menu Format Control… Muncul kotak dialog Format Control
  2. Pilih tab Margins. Hilangkan tanda contreng (v) pada pilihan Automatic, kemudian lakukan pengaturan jarak teks dengan garis bidang kontrol Button.


14. Kotak Dialog Format Control tab Control

Kotak dialog Format Control tab Control digunakan untuk mengatur nilaiyang dimasukkan atau nilai yang dihasilkan kontrol. Melalui tab Control,Anda juga dapat mengatur tampilan 3 dimensi kontrol. Tab Control dalamkotak dialog Format Control ditampilkan untuk seluruh kontrol, kecualiButton.

1.Combo Box Contoh penggunaan kontrol Combo Box.
  1. Klik kanan Combo Box kemudian pilih menu Format Control… Muncul kotak dialog Format Control.
  2. Pilih tab Control. Berikut langkah-langkah untuk melakukan pengaturan pada kontrol Combo Box:
  • Kotak isian Input range: diisi range yang nilainya akan dimasukkan ke dalam Combo Box. Range yang digunakan harus dalam posisi vertikal dari atas ke bawah, misalnya A3:A14 bukan A3:L3. Alamat range yang akan digunakan dapat diketikkan secara langsung atau dapat juga dipilih dengan cara klik tombol yang terdapat di sebelah kanan kotak isian Input range: Muncul collapse dialog Format Control.
  • Blok range yang akan dimasukkan ke dalam Combo Box. Range yang diblok ditandai adanya garis putus-putus. Jika sudah, klik tombol .
  • Kotak isian Cell link: diisi sel yang akan digunakan untuk menampung nilai berdasarkan pilihan Combo Box. Nilai yang dihasilkan Combo Box ditampilkan dalam bentuk angka antara 1 sampai jumlah sel pada range yang digunakan dalam Combo Box.
  • Kotak isian Drop down lines: diisi jumlah pilihan yang ditampilkan dalam Combo Box.
  • Pilihan 3-D shading digunakan untuk mengatur tampilan Combo Box. Beri tanda contreng (v) pada pilihan 3-D shading untuk menampilkan Combo Box dengan tampilan 3 dimensi.
Pengaturan kontrol Combo Box.

2. Check Box
  1. Klik kanan Check Box kemudian pilih menu Format Control… Muncul kotak dialog Format Control.
  2. Pilih tab Control. Berikut langkah-langkah untuk melakukan pengaturanpada kontrol Check Box:
  • Pada opsi Value Anda dapat memilih 3 opsi yang disediakan. Opsi Unchecked merupakan pilihan untuk menampilkan Check Box secara default dalam keadaan tidak terpilih atau tidak tercontreng (v). Opsi Checked merupakan pilihan untuk menampilkan Check Box secara default dalam keadaan terpilih atau tercontreng (v). Opsi Mixed merupakan pilihan untuk menampilkan Check Box secara default dalam keadaan tidak mempunyai nilai.
  • Kotak isian Cell link: diisi sel untuk menampung nilai berdasarkan pilihan Check Box. Sel akan menampilkan nilai TRUE jika Check Box dalam keadaan tercontreng (v) dan menampilkan nilai FALSE jika Check Box dalam keadaan tidak tercontreng (v). Jika Check Box dalam pilihan Mixed, maka sel akan menampilkan nilai #N/A.
  • Pilihan 3-D shading digunakan untuk mengatur tampilan Check Box. Beri tanda contreng (v) pada pilihan 3-D shading untuk menampilkan Check Box dengan tampilan 3 dimensi.



3. List Box
  1. 1. Klik kanan List Box kemudian pilih menu Format Control… Munculkotak dialog Format Control.Gambar 1.25 Pengaturan kontrol List Box.
  2. Pilih tab Control. Berikut langkah-langkah untuk melakukan pengaturan pada kontrol List Box:
  • Kotak isian Input range: diisi range yang nilainya akan dimasukkan ke dalam List Box. Sama halnya dengan Combo Box, range yangdigunakan juga harus dalam posisi vertikal dari atas ke bawah.
  • Kotak isian Cell link: diisi sel untuk menampung nilai berdasarkan pilihan List Box. Nilai yang dihasilkan List Box ditampilkan dalam bentuk angka antara 1 sampai jumlah sel pada range yang digunakan dalam Combo Box.
  • Pada opsi Selection type Anda dapat memilih 3 opsi yang disediakan. Opsi Single merupakan pilihan agar pengguna hanya dapat memilih satu pilihan dalam daftar List Box. Opsi Multi merupakan pilihan agar pengguna dapat memilih lebih dari satu pilihan dalam daftar List Box. Untuk memilih atau membatalkan beberapa pilihan, klik pilihan yang ada dalam daftar. Opsi Extend merupakan pilihan agar pengguna dapat memilih lebih dari satu pilihan dalam daftar List Box. Untuk memilih atau membatalkan beberapa pilihan, tekan dan tahan tombol Ctrl kemudian klik pilihan yang ada dalam daftar.
  • Pilihan 3-D shading digunakan untuk mengatur tampilan List Box. Beri tanda contreng (v) pada pilihan 3-D shading untuk menampilkan List Box dengan tampilan 3 dimensi.

4. Spin Button

  1. Klik kanan Spin Button kemudian pilih menu Format Control… Muncul kotak dialog Format Control.
  2. Pilih tab Control. Berikut langkah-langkah untuk melakukan pengaturanpada kontrol Spin Button:
  • Kotak isian Current value: diisi nilai default Spin Button.
  • Kotak isian Minimum value: diisi nilai minimal Spin Button.
  • Kotak isian Maximum value: diisi nilai maksimal Spin Button.
  • Kotak isian Incremental change: diisi perubahan nilai jika Spin Button di-klik.
  • Kotak isian Cell link: diisi sel untuk menampilkan nilai Spin Button.
  • Pilihan 3-D shading digunakan untuk mengatur tampilan Spin Button. Beri tanda contreng (v) pada pilihan 3-D shading untuk menampilkan Spin Button dengan tampilan 3 dimensi.

5. Option Button
  1. Klik kanan Option Button kemudian pilih menu Format Control…Muncul kotak dialog Format Control.
  2. Pilih tab Control. Berikut langkah-langkah untuk melakukan pengaturanpada kontrol Option Button:
  • Pada opsi Value Anda dapat memilih 2 opsi yang disediakan. OpsiUnchecked merupakan pilihan untuk mengatur agar Option Button dalam keadaan tidak terpilih. Opsi Checked merupakan pilihan untuk mengatur agar Option Button dalam keadaan terpilih. Dalam worksheet atau Group Box yang sama, Anda hanya dapat memilih satu Option Button.
  • Kotak isian Cell link: diisi sel untuk menampung nilai berdasarkan pilihan Option Button. Nilai Option Button ditentukan berdasarkan urutan pembuatan. Option Button yang dibuat pertama akan bernilai 1, sedangkan yang dibuat kedua akan bernilai 2. Demikian seterusnya aturan pemberian nilai Option Button yang dibuat selanjutnya.
  • Pilihan 3-D shading digunakan untuk mengatur tampilan Option Button. Beri tanda contreng (v) pada pilihan 3-D shading untuk menampilkan Option Button dengan tampilan 3 dimensi.

6. Scroll Bar
  1. Klik kanan Scroll Bar kemudian pilih menu Format Control… Muncul kotak dialog Format Control.
  2. Pilih tab Control. Berikut langkah-langkah untuk melakukan pengaturan pada kontrol Scroll Bar:
  • Kotak isian Current value: diisi nilai default Scroll Bar.
  • Kotak isian Minimum value: diisi nilai minimal Scroll Bar.
  • Kotak isian Maximum value: diisi nilai maksimal Scroll Bar.
  • Kotak isian Incremental change: diisi nilai perubahan jika Scroll Bar di-klik.
  • Kotak isian Page change: diisi nilai perubahan jika bagian Scroll Bar di-klik.
  • Kotak isian Cell link: diisi sel untuk menampilkan nilai Scroll Bar.
  • Pilihan 3-D shading digunakan untuk mengatur tampilan Scroll Bar. Beri tanda contreng (v) pada pilihan 3-D shading untuk menampilkan Scroll Bar dengan tampilan 3 dimensi.

7. Group Box
  1. Klik kanan Group Box kemudian pilih menu Format Control… Muncul kotak dialog Format Control.
  2. Pilih tab Control. Pilihan 3-D shading digunakan untuk mengatur tampilan Group Box. Beri tanda contreng (v) pada pilihan 3-D shading untuk menampilkan Group Box dengan tampilan 3 dimensi.


No comments:

 

Image Widget

Free Dog Run Cursors at 
www.totallyfreecursors.com
 
Blogger Templates