Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Tuesday, January 29, 2013

Mengenal Zat Cathinone

Pengguna narkoba di kalangan artis bukanlah kasus yang baru akhir-akhir ini, begitu juga dengan tingkat  penyebaran narkotika di wilayah negara Indonesia 'bak jamur di musim hujan'. Seperti halnya ketika Badan Narkotika Nasional (BNN), menemukan jenis narkotika baru dari dalam rumah Raffi Ahmad. Narkotika yang awalnya dikatakan sejenis ekstasi (MDMA) itu ditemukan bersama lintingan ganja. Dan ternyata, diketahui bahwa jenis narkotika yang ditemukan ini bukan ekstasi biasa, melainkan merupakan senyawa turunan cathinone.

Apa itu Cathinone?
Chatinone berasal dari tanaman Catha edulis atau Khat. Tanaman ini tumbuh di Afrika dan sebagian wilayah Arab. Di daerah asalnya, tanaman ini dikonsumsi langsung dengan cara dikunyah dan bukan diekstrak kandungan aktifnya yakni chatinone. Tanaman jenis ini sempat dilegalkan di beberapa negara, antara lain di Senegal hingga tahun 2002 dan Selandia Baru hingga 2007

Dilihat dari strukturnya, chatinone tidak jauh berbeda dibanding narkoba yang lebih populer di Indonesia yakni Amphetamine. Meski tidak termasuk golongan amphetamine, chatinone memiliki efek yang kurang lebih sama yakni mampu membangkitkan stamina. Sementara itu chatinone termasuk 'barang baru' di Indonesia. Di kalangan para pecandu, belum pernah menemukan kasus penyalahgunaan narkoba jenis ini sebelumnya, mungkin kasus ini yang pertama di rumah Raffi Ahmad.

Efek Samping
Zat yang terkandung dalam Cathinone Jika diolah, dapat digunakan untuk campuran ekstasi dengan efek samping menimbulkan rasa senang dan kehilangan nafsu makan bagi penggunanya.  Cathinone  sebenarnya masuk ke dalam jenis prekursor., zat kimia ini tidak adiktif sehingga secara hukum penggunanya bisa lolos, karena belum masuk dalam daftar obat terlarang di Indonesia. Namun oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) zat ini sudah dimasukkan ke dalam daftar zat-zat adiktif sejak tahun 1970-an. Dan sejak tahun 1980, WHO mengklasifikasikan cathinone sebagai obat terlarang karena bisa menyebabkan kecanduan ringan, lebih ringan dari kecanduan alkohol atau rokok.


sumber :
  • http://health.detik.com/read/2013/01/29/101339/2154894/763/mengenal-chatinone-narkoba-jenis-baru-yang-mencuat-di-kasus-raffi-cs?991104topnews 
  • http://health.kompas.com/read/2013/01/29/11554364/Cathinone.Bikin.Efek.Narkoba.Berlipat.Ganda

No comments:

 

Image Widget

Free Dog Run Cursors at 
www.totallyfreecursors.com
 
Blogger Templates