Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Monday, January 14, 2013

Kenali Gejala Penyakit Tifus (Thypus Abdominalis)

Sudah banyak orang mengetahui dengan penyakit tipus, mungkin saja di antar anda pernah mengidap jenis penyakit ini. Berikut beberapa hal yang perlu di ketahui tentang penyakit tipus.

Pengertian
Adalah  penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella enteric, khususnya turunan dari Salmonella Typhosa. Bakteri ini masuk kedalam mulut karena tertelan lewat makanan atau minuman tercemar, kemudian berkembang biak menenbus dinding usus halus menuju saluran linfa.. jika kondisi ini dibiarkan, usus bisa luka dan sewaktu-waktu tukak tipus bisa jebol dan usus jadi bolon

Gejala penyakit 
Gejala klinis pada anak-anak biasanya lebih ringan daripada orang dewasa. Masa tunas rata-rata 10-20 hari. Tetapi bisa hanya 4 hari . elama masa inkubasi akan ditemukan gejala-gejala yang mungkin mirip dengan penyakit lain, seperti tidak enak badan, lesu, nyeri kepala, pusing dan tidak bersemangat. Gejala klinis yang ditemukan setelah masa inkubasi lewat adalah demam tinggi, biasanya malam lebih tinggi daripada siang, dan ini terjadi terus menerus, bisa sampai tiga mingguan, sedangkan gejala lain diantaranya :


  1. Demam lebih dari seminggu, siang hari biasanya terlihat segar namun menjelang malam hari demam tinggi. 
  2. Lidah kotor, bagian tengah berwarnah putih dan pinggirnya merah. biasanya lidah terasa pahit dan cenderung ingin makan yang asam-asam atau pedas 
  3. Mual sampai muntah, bakteri Salmonella typhi berkembang biak di hati dan limpa, akibatnya terjadi pembengkakan dan akhirnya menekan lambung sehingga terjadi rasa mual. 
  4. Diare, sifat bakteri yang menyerang saluran cerna menyebabkan gangguan penyerapan cairan yang akhirnya terjadi diare, namun dalam beberapa kasus justru terjadi konstipasi (sulit buang air) 
  5. Lemas, pusing, dan sakit perut, demam yang tinggi menimbulkan rasa lemas, pusing, terjadinya pembengkakan hati dan limpa menimbulkan rasa sakit perut. 
  6. Pingsan, penderita umumnya lebih merasakan nyaman dengan berbaring tanpa banyak bergerak, namun dalam kondisi yang parah seringkali terjadi gangguan kesadaran.
Proses Penularan
Penularan salmonella thypi dapat melalui makanan, jari tangan/kuku, muntah, lalat, dan feses. Kuman tersebut dapat ditularkan melalui perantara lalat, dimana lalat akan hinggap dimakanan yang akan dikonsumsi oleh orang yang sehat. Apabila orang tersebut kurang memperhatikan kebersihan dirinya seperti mencuci tangan dan makanan yang tercemar kuman salmonella thypi masuk ke tubuh orang yang sehat melalui mulut. Kemudian kuman masuk ke dalam lambung, sebagian kuman akan dimusnahkan oleh asam lambung dan sebagian lagi masuk ke usus halus bagian distal dan mencapai jaringan limpoid. Di dalam jaringan limpoid ini kuman berkembang biak, lalu masuk ke aliran darah dan mencapai sel-sel retikuloendotelial. Sel-sel retikuloendotelial ini kemudian melepaskan kuman ke dalam sirkulasi darah dan menimbulkan bakterimia, kuman selanjutnya masuk limpa, usus halus dan kandung empedu.

Penanganan
  • Jika kondisi pasien tidak berat, dan penyakitnya masih awal, yaitu sudah didiagnosis sebelum demam lebih dari 3 minggu, umumnya masih bisa dirawat di rumah. Namun mesti diawasi jika mendadak suhu turun, nadi meninggi, dan perut mulas melilit. Sebenarnya tujuan utama dari istirahat total dimaksudkan untuk mencegah terjadinya komplikasi di usus.
  • Makanan tak selalu harus lunak, asal jangan jenis yang merangsang (diet rendah serat dan tinggi kalori dan protein). Yang dimaksud dengan jenis yang merangsang disini adalah makanan pedas dan asam.
  • Kesembuhan penderita penyakit ini dipengaruhi berbagai hal, di antaranya adalah umur, keadaan umum, tingkat kekebalan penderita, jumlah dan daya infeksi kuman yang masuk tubuh, serta cepat dan tepatnya pengobatan.
 Sumber : http://infokesehatan101.blogspot.com/2012/10/penyakit-tipes.html
              : http://doktersehat.com/penyakit-tifus/
 




1 comment:

Masdodon Blog said...

Semoga dapat bermanfaat, karena saya sendiri sudah pernah terserang penyakit tersebut. salam

 

Image Widget

Free Dog Run Cursors at 
www.totallyfreecursors.com
 
Blogger Templates