Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Monday, July 2, 2012

Rahasia dan Pengertian Tiki Taka Spanyol

Tiki-taka ( Spanyol); Clackers (Inggris)
Saat ini saya sebagai penggemar bola musiman, artinya jika ada champion atau pertandingan liga, baru saya nonton pertandingan bola. Hal yang menarik lagi ada istilah Tiki Taka yang mengantar Spanyol juara Piala Eropa untuk kedua kalinya. Apa sebenarnya Tiki Taka?

Tiki-taka dipakai untuk menggambarkan gaya sepakbola yang menonjolkan umpan pendek dan pergerakan, mengalirkan bola dengang arah yang bervariasi, dan memaksimalkan penguasaan bola (possession). Tiki-taka adalah evolusi dari gaya yg sudah lama terkenal. Semenjak era Johan Cruyff , total football memang menjadi filosofi permainan yang diusung oleh FC Barcelona , yang kemudian dimodifikasi oleh Pep Guardiola menjadi permainan tiki -taka ( yang sebelumnya pernah juga diterapkan oleh pelatih timnas Spanyol, Luis Aragones pada Piala Dunia 2006, namun gagal ).

Filosofi dari total football adalah memberi kebebasan kepada pemain sehingga tidak ada pemain yang memiliki posisi tetap , yang memungkinkan pemain untuk keluar dari posisinya dan kemudian digantikan oleh pemain lain untuk menutup posisi yang ditinggalkan pemain tersebut . Penyerang dapat menjadi pemain bertahan dan pemain bertahan dapat menjadi penyerang sesuai dengan kondisi dan keadaan dilapangan . Satu -satunya pemain yang tidak berpindah posisi hanyalah penjaga gawang

Filosofi total football juga diadopsi oleh permainan tiki- taka Perbedaannya, tiki -taka sangat didominasi oleh umpan -umpan pendek , umpan satu-dua, dan penguasaan bola. Dibutuhkan kekompakan yang luar biasa dan kemampuan melakukan passing yang mumpuni agar tiki- taka bisa berjalan optimal. Penguasaan bola menjadi faktor kunci dalam tiki - taka ini karena pada awal diperkenalkannya , tiki - taka bertujuan untuk memonopoli permainan dengan membuat bola tetap dalam penguasaan tim. Tiki-taka tidak terlalu mementingkan perubahan posisi secara tiba -tiba seperti layaknya total football

Yang pertama kali mempopulerkan istilah tiki-taka adalah Andres Montes, seorang penyiar TV Spanyol. Pada Piala Dunia 2006, laga Spanyol vs Tunisia, Andres Montes, terpesona dengan passing Spanyol yang elegan, lalu berkomentar begini: "Estamos tocando tiki-taka tiki-taka." Nah, dari situlah istilah tiki-taka mulai populer. Menyebar ke media Spanyol, hingga terdengar ke penjuru dunia.
Apa Tiki-taka sebenarnya? Tiki-taka adalah sebutan orang Spanyol utk sebuah nama mainan. Di Inggris mainan itu disebut clackers. Seperti pada gambar , seperti itulah bentuk mainannya. Adaaah, dua bola kecil yg digantung, yang jika diayunkan akan saling menghantam, dan menimbulkan bunyi tik-tak-tik-tak (atau clack.. clack..). 

sumber ,
: http://www.thecrowdvoice.com/post/tiki-taka-apa-itu-tiki-taka-435398.html.
: http://noretz-area.blogspot.com/2011/09/sejarah-dan-rahasia-tiki-taka-fc.html.


No comments:

 

Image Widget

Free Dog Run Cursors at 
www.totallyfreecursors.com
 
Blogger Templates