Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Saturday, June 1, 2013

Sosrobahu dari Tjokorda Raka Sukawati

Teknik Sosrobahu, adakah yang tahu? atau sudah pernah mendengar kata itu. Mungkin orang yang di Teknik Sipil tidak asing dengan istilah ini. Adalah teknik konstruksi yang digunakan terutama untuk memutar bahu lengan beton jalan layang. Dengan teknik ini, lengan jalan layang diletakkan sejajar dengan jalan di bawahnya, dan kemudian diputar 90° sehingga pembangunannya tidak mengganggu arus lalu lintas di jalanan di bawahnya.

Teknik Sosrobahu ini ditemukan oleh  Ir.Tjokorda Raka Sukawati pada tanggal 27 Juli 1988. Awal penemuan teknik ini secara tidak sengaja ketika pak Tjokorda sedang memperbaiki mobilnya, hidung mobil Mercedes buatan 1974 ini diangkat dengan dongkrak sehingga dua roda belakang bertumpu di lantai yang licin karena ceceran tumpahan oli secara tidak sengaja. Begitu mobil itu tersentuh, badan mobil berputar dengan sumbu batang dongkrak. Kejadian tersebut memberikan inspirasi bahwa pompa hidraulik bisa dipakai untuk mengangkat benda berat dan bila bertumpu pada permukaan yang licin, benda tersebut mudah digeser.

Lantas dibuatlah uji coba pada beberapa rancangan yang cocok untuk mendukung proyek pembangunan jalan layang. Dalam membuat rancangan tersebut juga di ketemukan rumus Sukawati , yakni jika tekanan (P) dimasukkan dalam ruang seluas (A), maka akan menimbulkan gaya (F) sebesar (P) dikalikan (A). Rumus itu digabungkan dengan beberapa parameter, rumus tersebut hasil pengenbangan dari dasar utama Hukum Pascal yang menyatakan: "Bila zat cair pada ruang tertutup diberikan tekanan, maka tekanan akan diteruskan segala arah". Zat cair yang digunakan adalah minyak oli (minyak pelumas)

Dari penemuan itu Dirjen Hak Cipta Paten dan Merek mengeluarkan patennya pada tahun 1995 anehnya Jepang sudah memberinya pada tahun 1992. Saat ini teknologi Sosrobahu sudah diekspor ke Filipina, Malaysia, Thailand dan Singapura. Salah satu jalan layang terpanjang di Metro Manila, yakni ruas Vilamore-Bicutan adalah buah karya teknik ciptaan Tjokorda. Di Filipina teknologi Sosrobahu diterapkan untuk 298 tiang jalan. Sedangkan di Kuala Lumpur sebanyak 135.
1. Bangun tiang jalan.
2. Lengan beton jalan dibangun di antara dua jalur jalan, sejajar dengan jalanan yang padat di bawahnya.
3. Lengan beton jalan diputar 90 derajat. Jalan layang pun kemudian dibangun di atas lengan ini.




Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Sosrobahu

No comments:

 

Image Widget

Free Dog Run Cursors at 
www.totallyfreecursors.com
 
Blogger Templates