Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Sunday, March 4, 2012

Menyanyikan Lagu "Happy Birthday" Harus Bayar Royalti

Beginners Book Of Songs
Sejarah
Siapa tak kenal lagu “Happy Birthday to You”, yang biasanya dinyanyikan setiap kali menjelang acara potong kue di pesta ulang tahun itu. Saking terkenalnya, sehingga menurut The Guinnes Book of World Record edisi 1998, lagu ini merupakan lagu berbahasa Inggris terpopuler. Semua orang tahu lagu itu, tapi tak semua orang tahu lagu itu tak bisa dinyanyikan sembarangan. Bisa – bisa kita harus membayar royalti, sebesar US $ 700.
 
Awalnya lagu Happy Birthday to You ditulis sebagai lagu ucapan salam saat memulai kelas oleh Mildred J. Hill dan Dr. Patty Smith Hill, pengajar TK di Louisville Experimental Kindergarten. Lagu itu lantas muncul pertama kalinya pada tanggal 4 Maret 1893 di buku Song Stories of the Kindergarten, dibawah judul “Good Morning to All”.

Hill bersaudara kemudian mendaftarkan hak cipta lagu “Good Morning to All” pada 16 Oktober 1893. Namun belakangan lagu itu muncul tanpa ijin dalam buku lagu yang disunting oleh Robert H. Coleman pada 4 Maret 1924, dimana kalimat “Happy Birthday to You” muncul di bait kedua. Oleh Coleman, lirik Good morning, dear children kemudian diganti dengan Happy Birthday, dear (name).
Mildred J. Hill

Pengadilan Hak Cipta
Setelah lebih dari 1 dekade, lagu itu sempat muncul beberapa kali, diikuti dengan perubahan kecil dalam liriknya. Barulah tahun 1933 orang – orang mengenal lagu itu dengan judul “Happy Birthday to You”. Bahkan pernah juga digunakan dalam musikal As Thousands Cheer karya Irving Berlin di Broadway. Merasa telah dicuri dan tidak pernah ada yang membeyar royalti kepada Hill bersaudara atas penggunaan karya mereka secara sembarangan, Jessica, adik dari Hill bersaudara kemudian mengajukan tuntutan ke pengadilan.
Walhasil, Jessica berhasil membuktikan bahwa lagu itu milik kedua kakaknya, hanya dengan lirik yang berbeda. Maka pada 1934, pengadilan memberikan hak cipta kepada Hill bersaudara, sehingga tiap kali lagu lagu ini muncul di film, radio, atau pertunjukan manapun, harus ada royalti yang dibayarkan kepada Hill bersaudara.
Dr. Patty Smith Hill

Setahun kemudian, Jessica bekerja sama dengan Perusahaan Clayton F. Summy dan menerbitkan serta mendaftarkan hak cipta “Happy Birthday to You”. Menurut hukum saat itu, hak ciptanya akan habis 28 tahun kemudian, dan lagu akan menjadi milik publik pada 1991. Namun Copyright Act tahun 1976 memperpanjang perlindungan hak cipta jadi 75 tahun dan Copyright Term Extension Act 1998 menambah 20 tahun lagi, sehingga hak ciptanya tidak akan habis sampai paling tidak tahun 2030.

Tahun 1998, hak cipta beserta seluruh asetnya kemudian di jual ke Time-Warner Corporation. Berdasarkan catatan, lagu yang telah diterjemahkan ke dalam kurang lebih 18 bahasa ini, menghasilkan royalti sebesar AS$ 2 juta setiap tahun.
Syair lagu Good Morning to All”.
Good morning to all, 
Good morning dear teacher, 
Good morning to you, 
Good morning dear children, 
Good morning to all

Inilah beberapa judul lagu happy birthday dalam beberapa bahasa. 
1. Selamat Ulang Tahun , Indonesia
2. Happy Birthday, Inggris
3. Geffeliciteerd met je verjaardag, Belanda
4. Bonne anniversaire, Perancis
5. Zum geburstag viel gluck, Jerman
6. Suk san wan keut, China
7. Selamat hari jadi, Malaysia
8. Feliz Aniversario, Spanyol
sumber : dari berbagai sumber

2 comments:

kikils said...

bagaimana jika ada orang yang menggunakan nada lagunya untuk keperluan tertentu, apakah itu termasuk pelanggaran hak cipta?

masdodon said...

wah... klo itu saya juga kurang mengerti. saya sendiri juga bingung, krn anak saya plg suka lagu itu. kita tunggu saja sampai th 2030.

 

Image Widget

Free Dog Run Cursors at 
www.totallyfreecursors.com
 
Blogger Templates